Advertorial

Dinas Kominfo Provinsi Jambi mengadakan Bimbingan Teknis IT Security Assessment.

Peristiwajambi.com, JAMBI – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi, Ir. Nurachmat Herlambang, M.M.A. didampingi dengan Kepala Bidang Persandian dan TIK, Nailul Authar, S.E. membuka pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis IT Security Assessment (ITSA) Tahun 2021 bagi Pengelola Keamanan IT Sektor Pemerintah yaitu Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi Selasa (09/11/2021).

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yaitu Guruh Prasetyo Putro, S.ST., M.Si (Han), Ivan Basofi, S.S.T.TP, dan Mochamad Jazuly S.S.T.TP. Peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari Pengelola Kemanan IT Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, dimana kegiatan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari terhitung mulai tanggal 9 s.d 11 November 2021 di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi menyampaikan bahwa kemajuan teknologi berbarengan pula dengan munculnya ancaman dan kerentanan terhadap teknologi itu sendiri. Sering kita dengar bahwa ada beberapa aplikasi milik Pemerintah Indonesia dapat ditembus oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, dan datanya dijual/dilelang di dalam dark web.

“Oleh karena itu tentunya kita harus menyadari bahwa secanggih-canggihnya teknologi pasti akan tetap memiliki kerentanan atau kelemahan. Keamanan terhadap kerentanan informasi secara umum dapat dinilai berdasarkan tiga faktor utama yang sering disebut dengan CIA (Confidentiality, Integrity, and Avalability) atau kerahasiaan, keutuhan, dan ketersediaan informasi. “Dengan tingginya ancaman siber akhir-akhir ini, maka dianggap perlu bagi Pemerintah Daerah untuk dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas pengelola keamanan IT terutama dalam hal mengidentifikasikan kerentanan, serta menilai risiko pada sistem elektronik yang dikelola. secara mandiri” ujarnya

Tujuan dari kegiatan ini, sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Moch. Mawardi, S.I.P., adalah untuk melakukan pelatihan dan brainstorming, meningkatkan kualitas dan kapasitas bagi pengelola keamanan IT di Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

“Kedepannya dengan kegiatan ini dapat menginisiasi pembentukan Tim ITSA di Provinsi Jambi yang terdiri dari Pengelola Keamanan IT sektor Pemerintah se-Provinsi Jambi dengan membuka kemungkinan untuk dapat bekerjasama dengan pihak akdemisi, komunitas dan praktisi IT yang ada di Provinsi Jambi” tutupnya (Rma/*)

To Top