Peristiwa

Pentingnya Memahami Ilmu Waris Islam, Begini Penjelasan Edi Kurniawan

Pentingnya Memahami Ilmu Waris Islam, Begini Penjelasan Edi Kurniawan

Peristiwajambi.com, JAMBI – Jum’at, 6 Agustus 2021, Edi Kurniawan, ketua Pusat Kajian Moderasi Beragama dan Ideologi Pancasila UIN STS Jambi, juga tim ahli ilmu waris Komisi Fatwa Majelis Ulama (MUI) Provinsi Jambi, mengisi pengajian bulanan Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) al-Fath FEBI UIN Jambi.

Kegiatan ini merupakan program rutin KSEI al-Fath FEBI UIN Jambi dalam berbagai tema dan mengundang berbagai pemateri. Kegiatan ini dihadiri lebih kurang 50 orang mahasiswa Febi UIN Jambi.

Dalam kajian ini, Edi Kurniawan menyampai materi dengan judul: “Konsep Moderasi Dalam Pembagian Waris di Indonesia: Mencari Titik Temu Antara Hukum Islam, Hukum Negara, dan Hukum Adat”.

Dalam uraiannya, Edi Kurniawan menjelaskan betapa pentingnya memahami dan mengajarkan ilmu waris dalam konteks sekarang, karena tidak banyak yang menguasi ilmu ini sekarang sembari mengutip hadis Nabi ; ”Pelajarilah ilmu faraidl serta ajarkanlah kepada orang lain, karena sesungguhnya, ilmu faraidl setengahnya ilmu; ia akan dilupakan, dan ia ilmu pertama yang akan diangkat dari umatku” (HR Ibnu Majah dan ad-Darquthni).

Hanya saja jelas Edi Kurniawan, untuk memahami ini tidak cukup satu kali pertamuan, perlu berkali-kali. Sekali, masih kulit luar, belum masuk ke isi. Karena itu, setidaknya perlu 3-5 pertemuan. (*)

To Top