Peristiwa

Pentingnya Niat, Begini Penjelasan Ustaz Alhusni, M.HI Dalam Kajian Bulanan Moderasi

Pentingnya Niat, Begini Penjelasan Ustaz Alhusni, M.HI Dalam Kajian Bulanan Moderasi

Peristiwajambi.com, JAMBI – Alhusni, ketua Prodi Perbandingan Mazhab UIN STS Jambi, mengisi pengajian bulanan pertemuan kedua Majlis Ta’lim ibu-ibu arisan Jama’ah Masjid Jamiatussa’adah, RT 06/07 Desa Talang Duku, Muaro Jambi.

Kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat gabungan antara Pusat Kajian Moderasi Beragama dan Ideologi Pancasila bersama Program Studi Perbandingan Mazhab UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Ustaz Alhusni menyampaikan ceramahnya dengan judul: “Niat Sebagai Tonggak Moderasi Beragama”.

 

Dalam uraiannya, Ustaz Alhusni menjelaskan betapa pentingnya niat, yang membedakan antara kegiatan sosial atau adat dan ibadah.

“Kehadiran ibu-ibu di sini jika tidak dilandasi dengan niat, maka tidak menjadi ibadah, melainkan hanya kegiatan sosial biasa. Karena itu, ibadah sosial akan bernilai ibadah jika niatnya karena Allah. Menolong orang lain, hanya bernilai kegiatan sosial jika tidak dilandasi dengan niat karena Allah,” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu Majelis Ta’lim. Selain itu, Edi Kurniawan, M.Phil dan Abdul Halim, M.Ag, keduanya ketua dan sekretasis Pusat Kajian Moderasi Beragama dan Ideologi Pancasila UIN STS Jambi, juga hadir. (*)

To Top