Peristiwa

Pusat Kajian Moderasi Beragama UIN STS Jambi dan HMPS Perbandingan Mazhab Selenggarakan Webinar Internasional Moderasi Beragama

Pusat Kajian Moderasi Beragama UIN STS Jambi dan HMPS Perbandingan Mazhab Selenggarakan Webinar Internasional Moderasi Beragama

Peristiwajambi.com, JAMBI – Rabu, 23 Juni 2021, Pusat Kajian Moderasi Beragama UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengadakan webinar Internasional dengan tema: “Moderasi Beragama dan Isu-Isu Terkini”.

Menurut Edi Kurniawan, M.Phil, selaku Kepala Pusat Kajian Moderasi Beragama UIN STS Jambi, “webinar ini didasari oleh hangatnya isu-isu radikalisme, baik berhaluan kiri maupun kanan akhir-kahir. Karena itu, masalah ini perlu didudukan, apa itu moderasi beragama? Mengapa ia penting? Dan bagaimana strategi mengimplementasikannya.”Ujarnya.

Untuk itu, webinar ini menghadirkan tiga orang pembicara. Yang bertindak sebagai Keynote Speaker adalah Prof. Dr. Su’aidi, MA., Ph.D, rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, dengan yang membahas: “Moderasi Beragama Dalam Konteks Transintegrasi Ilmu: Kasus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi”. Pentingnya tema ini terletak pada Paradigma Transintegrasi Ilmu yang digagasnya, yang dihubungkan dengan moderasi beragama, tidak terlepas dari menciptakan lulusan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang moderat; tawazun (berimbang) antara amaliah dunia dan akhirat dan berimbang penguasaan ilmu-ilmu agama dan umum.” Lanjutnya.

Santap Siang Panitia Pelaksana Setelah Kegiatan

Pembicara kedua adalah Prof. Dr. Mohamed Mohamed Tolba Said, seorang intelektual muslim asal Mesir dengan Tema: al-Wasaṭiyyah fī al-Fiqh wa al-ʻAqīdah (Moderasi Dalam Fikih dan Akidah).

Terakhir, pembicara ketiga adalah Dr. Suwendi, M.Ag, Pokja Moderasi Beragama Kementerian Agama RI dengan tema, “Moderasi Beragama: Konsep dan Aplikasinya oleh Kementerian Agama”.

Alhusni, M.HI selaku Ketua Program Studi Perbandingan Mazhab UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sangat antusias denga kegiatan ini, mulai dari rapat persiapan sampai selesainya acaranya ini. Menurutnya, kegiatan ilmiah seperti ini mesti dihidupkan walaupun dana dari kantong pribadi. Lebih lanjut ia menjelaskan, sama seperti yang disampaikan oleh Arnold Zamorano, selaku ketua HMPS Perbandingan Mazhab sekaligus ketua panitia, “tersenggaranya webinar ini secara gratis berkat usaha usaha dan keikhlasan para panitia dalam bekerja, juga keikhlasan para pemateri dalam menyampaikan ilmunya.”

Usaha-usaha menghidupkan kegiatan ilmiah seperti ini juga diapresiasi oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Sayuti, MH dan Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. Su’aidi, MA., Ph.D, dalam kata sambutan mereka. (*)

To Top