Peristiwa

ACT Jambi Salurkan 1 Truk Kontainer Bantuan Sembako ke Korban Gempa Sulsel

ACT Jambi Salurkan 1 Truk Kontainer Bantuan Sembako ke Korban Gempa Sulsel

Peristiwajambi.com, JAMBI – Gempa bumi dahsyat yang melanda Provinsi Sulawesi Selatan pada 16 Januari 2021 lalu telah menyebabkan ratusan korban jiwa meninggal dan meluluhlantakkan puluhan ribu rumah penduduk. Tercatat, hampir 100 ribu warga terpaksa harus mengungsi ke daerah tetangga yang dirasa lebih aman.

Musibah tersebut sontak mendapat respon empati yang besar dari masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Jambi. Selama 3 pekan terakhir, pemandangan aksi galang donasi oleh sejumlah lembaga kemanusiaan, komunitas dan organisasi mahasiswa ditingkat siswa dan mahasiswa tampak mewarnai disejumlah jalan protokol di Kota Jambi dan beberapa Kabupaten/Kota lainnya.

Salah satu bentuk akumulasi dari aksi-aksi tersebut adalah adanya Peluncuran Kapal Kemanusiaan yang dimotori oleh lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Jambi yang resmi diberangkatkan pada pagi ini (Minggu, 7 Februari 2021). Program Kapal Kemanusiaan tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Wali Kota Jambi, Dr.H.Maulana dan disaksikan oleh berbagai utusan BUMN, Kampus, Organisasi Kesiswaan dan Mahasiswa, serta puluhan Komunitas yang turut berpartisipasi aktif dalam gerakan Kapal Kemanusiaan tersebut.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Jambi mengucapkan kebanggaannya pada masyarakat Kota Jambi dan Provinsi Jambi karena telah membantu warga terdampak.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada ACT, kampus-kampus, forum siswa dan mahasiswa serta berbagai komunitas yang telah peduli dan terlibat aktif dalam aksi ini. Semoga melalui aksi ini saudara-saudara kita di Sulsel dapat terbantu dan kita semakin menjadi warga yang dermawan” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala ACT Cabang Jambi Ilham Reza Pahlevi melalui keterangan resminya juga menyatakan kebanggaannya pada masyarakat Provinsi Jambi yang telah terlibat dalam aksi ini.

“Saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat Provinsi Jambi linstas instansi, komunitas, forum-forum dan seluruh relawan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu namanya yang telah berpartisipasi dalam aksi Kapal Kemanusiaan kita ini kali. Saya juga menghimbau khususnya kepada Bapak Gubernur, Walikota dan seluruh Bupati agar semakin ikut mendorong masyarakat dalam aksi-aksi besar kita selanjutnya” ungkap Ilham Reza Pahlevi secara tertulis.

Dalam program Kapal Kemanusiaan ini, Aksi Cepat Tanggap Cabang Jambi mendistribusikan antara lain 1,3 Ton Beras, Belasan dus mie instan, air mineral, minyak sayur, susu kemasan, pakaian, kain serta masker.

Bantuan ini direncanakan akan diberangkatkan serentak melalui Pelabuhan Teluk Bayur Sumatera Barat dan akan disalurkan serentak bersama bantuan dari Provinsi lainnya seperti Riau, Sumbar dan Bengkulu. (*)

To Top