Peristiwa

Sosialisasi Empat Pilar MPR, Ria Mayang Sari Himbau Masyarakat Implementasikan Prinsip Bhineka Tunggal Ika

Sosialisasi Empat Pilar MPR, Ria Mayang Sari Himbau Masyarakat Implementasikan Prinsip Bhineka Tunggal Ika

Peristiwajambi.com, JAMBI – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), Ria Mayang Sari secara rutin atau berkala selalu melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR. Kali ini, Anak Gubernur Jambi Fachrori Umar ini melakukan sosialisasi bertempat di Dusun Rantau Keloyang, Kecamatan Pelatat, Kabupaten Bungo, Sabtu (6/2/2021) Pagi.

Dalam. Sosialisasinya, Ria Mayang Sari menyampaikan Empat Pilar ini adalah fondasi dasar yang mampu mengakselerasi pembangunan di Indonesia.

“Dengan mengangkat tema “Memperkuat Prinsip Bhineka Tunggal Ika dalam Menghadapi Darurat Bencana di Indonesia”. Tema ini menjadi penting mengingat saat ini, Indonesia tengah menghadapi berbagai bentuk bencana, mulai dari bencana alam berupa banjir, gempa bumi, tanah longsor hingga gunung merapi di tengah kondisi Pandemi Covid-19 yang masih belum teratasi saat ini.” Ujar Mayang.

Lanjut Mayang, di tengah kondisi darurat bencana saat ini, kita semua harus menyadari bahwa Bangsa Indonesia memiliki potensi besar untuk mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa dan negara, salah satunya adalah jumlah penduduk yang besar dengan masyarakat yang beragam (plural) adalah modal besar yang harus dikelola dan dioptimalkan untuk menjadi “amunisi” handal dalam mengatasi bencana saat ini.

“Masyarakat Indonesia yang plural tersebut terikat dalam persaudaraan sebangsa dan setanah air yang tercermin dalam prinsip “Bhineka Tunggal Ika”. Dengan prinsip ini kemajemukan dan keragaman masyarakat indonesia menjadi kekuatan bagi indonesia untuk mampu mengatasi dan keluar dari kondisi darurat bencana.” Lanjutnya.

Hal tersebut menurutnya dapat terjadi karena setiap orang indonesia ketika merasakan penderitaan atau yang tengah menghadapi bencana, maka saudara sebangsa dan setanah air dari sabang sampai merauke akan merasakan penderitaan tersebut dan berupaya memberikan bantuan sesuai kemampuannya.

Putri Pertama Gubernur Jambi ini menyebutkan bahwa implementasi Bhineka Tunggal Ika dalam menghadapi bencana di indonesia dilakukan melalui upaya saling memberikan bantuan dan pertolongan kepada saudara kita sebangsa dan setanah air tanpa membeda-bedakan agama, suku dan ras.

“Jika semua dari kita memberikan sedikit bantuan kepada saudara kita, maka bantuan tersebut akan sangat dirasakan manfaatnya. Akumulasi dari tindakan saling bantu membantu tersebut akan mampu membawa indonesia secepatnya lepas atau keluar dari kondisi darurat bencana.” Pungkas Mayang.

Sebagai penutup, Ketua DPRD Kabupaten Bungo Periode 2014-2019 ini mengimbau kepada masyarakat untuk mengimplementasikan prinsip Bhineka Tunggal Ika dalam Menghadapi Darurat Bencana di Indonesia. (Rma)

To Top