Peristiwa

Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat, Pertamina Ep Jambi Resmikan Rumah Batik

General Manager PT. Pertamina, Rizal Riznul Wathan

Peristiwajambi.com, JAMBI – Pertamina Ep aset 1 Field Jambi terus berupaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Provinsi Jambi.

Salah satu bukti pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Pertamina Ep aset 1 Jambi ialah dengan meresmikan Rumah Batik tahun 2019 di Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi.

Rizal Riznul Wathan selaku General Manager PT. Pertamina menyampaikan Pertamina Jambi telah membuktikan komitmennya terhadap pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan melalui serangkaian program yang disusun secara sistematis dengan pendekatan sistem mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi sampai pada tahapan laporan akhir.

“Salah satu dari program pemberdayaan masyarakat adalah program peningkatan dan pemberdayaan kelompok usaha kerajinan Batik di Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi dan kami yakini akan membawa sebuah perubahan yang nantinya dapat dinikmati masyarakat dalam membangun rasa percaya diri untuk kemandirian” ” Ujar Rizal, Selasa (20/8/2019).

Dirinya juga menambahkan, dalam implementasi program ini kami lakukan dengan semangat yaitu menciptakan budaya ekonomi kreatif, edukasi yang produktif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kelurahan Legok.

“Tidak sebatas hanya kerajinan membatik dengan memberdayakan kaum perempuan dan melestarikan kebudayaan Batik Jambi yang telah kami lakukan, namun juga para pemuda setempat melalui kelompok ekonomi kreatif sablon agar pemuda dapat berkreasi dan berkarya sehingga menjadi kegiatan positif dalam menghindari mereka dari kegiatan yang dapat merusak masa depan mereka” Tambah Rizal.

Lanjutnya, selain dari kerajinan mambatik dan sablon, Pertamina Ep aset 1 field Jambi juga akan terus memberikan edukasi kepada anak-anak usia dini dan remaja tentang bahaya dari Narkoba sehingga mereka dapat memahami dari bahaya Narkoba tersebut.

“Untuk anak-anak usia dini dan remaja kami bekerja sama dengan badan anti narkoba atau BNN Provinsi dan kota Jambi, Kelurahan, Dinas Pendidikan, Aparat Kepolisian dan Stakeholder lainnya dalam memberikan edukasi bahaya narkoba yang dikemas dengan kreativitas. Harapan kita bersama ini akan menghasilkan cerita perubahan yang lebih baik kedepannya untuk kesejahteraan masyarakat” Lanjut Rizal.

“Kami atas nama perusahaan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota Jambi dan semua pihak yang telah memberikan dukungannya dalam mensukseskan program pemberdayaan masyarakat SKK Migas Pertamina di Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin” tutup Rizal.

Sementara itu, Dalam sesi wawancara Walikota Jambi Syarif Fasha menyampaikan peresmian Rumah Batik ini merupakan program pengembangan ekonomi dari Pertamina yang langsung dihadiri oleh kepala perwakilan Manager dari Palembang, juga oleh Jendral Manager SKK Migas aset 1 Jambi.

“Kami sangat berterima kasih atas program CSAR Pertamina ini, karna ini sangat bermanfaat sesuai dengan program yang kami canangkan, bahwa kelurahan Legok ini khusunya Pulau Pandan dan Danau sipin ini akan kami jadikan sentral batik dan sentral tenun, untuk sentral tenun kami sudah membangun kampung tenun, kemudian rumah batik yang dibantu oleh CSAR Pertamina,”Ujarnya

Lebih lanjut dirinya mengatakan pusat pengembangan batik ini diharapkan sebagai edukasi untuk pecinta seni dikota jambi.

“Tadi saya berpesan kepada masyarakat bahwa aset ini rumah batik bukan milik kelompok, bukan milik perorangan tetapi milik bersama, kalo ada dari warga kelurahan lain kecamatan lain yang ingin belajar kita harus membuka diri untuk melatih mereka,” Pungkasnya Fasha.

(Rma)

Terpopuler

To Top