Peristiwa

Jelang Akhir Batas Penyerahan, BKIPM Jambi Terima 19 Ikan Predator

 

Sosialisasi BKIPM Jambi

Peristiwajambi.com, JAMBI – Semenjak disosialiasikan tentang berbahayanya ikan Predator atau ikan Invasif beberapa waktu lalu. Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jambi telah menerima sebanyak 19 ekor Ikan Predator.

Kepala BKIPM Jambi Ade Samsudin mengatakan, hingga kini, Senin (30/7), BKIPM Jambi telah menerima 19 ekor ikan invasif yakni jenis ikan Alligator dari masyarakat.

“Ada 16 ekor ikan Alligator yang diserahkan Masyarakat di Posko BKIPM Jambi, dan ada 3 ekor ikan Alligator yang diserahkan masyarakat di Posko Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi,” Senin (30/7).

Dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat serta toko-toko ikan hias yang masih memiliki ikan Predator tersebut agar secara sukarela menyerahkan ikan yang dilarang kepada petugas BKIPM Jambi atau ke Kantor DKP Provinsi Jambi secepatnya.

“Iya, hari ini rencana Tim kembali mau turun untuk sosialisasi ke toko-toko ikan hias dan masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, Selasa (31/7) adalah batas waktu penyerahan ke 3 (Tiga) ikan predator jenis ikan Piranha, Aligator, dan Arapaima karena bagi siapa pemilik ikan tersebut bakal dijerat hukuman penjara maksimal 6 tahun serta denda sampai Rp 2 miliar.

Pasalnya, jenis ikan predator tersebut termasuk dalam 152 jenis ikan yang dilarang sesuai Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014 yang sifatnya berbahaya dan invasif sehingga dikhawatirkan mendominasi ekosistem laut. Kepemilikan ikan kategori berbahaya dan invasif tersebut dilarang keras oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

(Rhama)

Terpopuler

To Top