Advertorial

Sampaikan RPJMD di Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi, Ini Misi Yang Akan di Capai Pemprov

Sampaikan RPJMD di Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi, Ini Misi Yang Akan di Capai Pemprov

Peristiwajambi.com, JAMBI – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar hadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi untuk menyampaikan Rancangan Awal Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi tahun 2016 – 2021, Bertempat di DPRD Provinsi Jambi, Senin (28/5).

Fachrori umar mengatakan dalam kata sambutannya bahwa dasar pertimbangan yang digunakan dalam penyusunan rancangan awal perubahan RPJMD ini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah yang diturunkan pada peraturan daerah nomor 8 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Jambi yang berimplikasi pada perubahan nomenklatur perangkat daerah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program pembangunan.

“Sebagaimana dipahami bersama bahwa RPJMD adalah dokumen perencanaan 5 tahunan dan pelaksanaan rpjmd Provinsi Jambi tahun 2016-2021 telah berjalan selama 2 tahun. Perubahan yang kita lakukan saat ini tentunya tetap dalam koridor pencapaian visi Jambi tuntas 2021,” sebut Plt Gubernur.

Kemudian dirinya juga menyampaikan misi yang akan dicapai dalam RPJMD adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih transparan akuntabel dan partisipasi yang berorientasi pada pelayanan publik.

2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamis dan kesetaraan gender.

3. Menjaga situasi daerah yang kondusif, toleransi antar umat beragama dan kesadaran hukum masyarakat.

4. Meningkatkan daya saing daerah melalui optimalisasi pembangunan ekonomi kerakyatan yang didukung oleh penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan inovasi (IPTEKIN) berwawasan lingkungan.

5. Meningkatkan aksesbilitas dan kualitas infrastruktur umum pengelolaan energi dan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan.

6. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat kebijakan antara lain di daerah, pada peningkatan tenaga kerja yang ditempatkan peningkatan pendapatan petani dan nelayan, Desa Mandiri dan penurunan desa tertinggal di Provinsi Jambi serta perluasan dan pelayanan KB yang merata dan berkualitas.

Dalam rangka mendukung pencapaian visi Jambi tuntas 2021 indikasi program yang disusun dalam rancangan awal RPJMD ini adalah sebanyak 233 program terdiri dari 143 program prioritas yang mendukung langsung pencapaian tujuan dan sasaran visi misi serta 90 program rutin dan pendukung. Dari sejumlah program tersebut 15 program diantaranya adalah program baru sebagai implikasi perubahan nomenklatur perangkat daerah dan sebagai konsekuensi lainnya terdapat 26 program yang tidak dilaksanakan dari lagi 3 tahun ke depan sehingga total program efektif yang akan dilaksanakan hingga tahun 2021 berjumlah 197 program.

“Ya insyaallah, kan sudah dibacakan tadi tentang program-program kita RPJMD kita. Nah mudah-mudahan kita dapat berharap lebih lancar, aman, tentram ini lah yang kita harapkan,” pungkas Fachrori Umar saat sesi wawancara.

(Rhama/Hms)

Terpopuler

To Top