Uncategorized

PENTINGNYA MULTIKULTURALISME DI INDONESIA

Penulis : Dewi Mayang Sari

Peristiwajambi.com, OPINI – MULTIKULTURALISME Adalah istilah yang menjelaskan pandangan seseorang tentang ragam kehidupan di dunia, ataupun kebijakan kebudayaan yang menekankan tentang penerimaan terhadap adanya keragaman, dan berbagai macam budaya yang ada dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai sistem, budaya, kebiasaan dan politik yang mereka anut.

Indonesia dengan segala keberagaman budayaannya, kita merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 13.487 pulau dan terdiri dari kurang lebih 300 suku yang memiliki ciri khasnya masing masing.

Keberagaman masyarakat di indonesia tidak juga terhenti dengan banyaknya jumlah suku, tetapi juga beragamnya agama dan pendapat dari masing masing individu.

Di balik indahnya keragaman suatu masyarakat heterogen, kita harus menyadari ada bahaya besar yang sedang mengintaikita, sudah menjadi pengetahuan umum jika perbedaan bisa memicu konflik.

Di indonesi konflik antara masyarakat bukan hanya menjadi sekedar potensi, tetapi sudah menjadi konflik yang cukup meresahkan.

Seharusnya kita mempunyai sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika juga harus kita ilhami dalam hehidupan sehari hari-hari, bukan hanya menjadi pajangan semata.

Sebagai masyarakat indonesia, kita harus memahami paham multikulturalisme tentu juga menjadi hal yang penting.

Sekilas terlihat mudah, tapi dalam praktiknya tidak akan ada banyak tetangga yang menghadang bagi seseorang yang ingin secara menyeluruh mengilhami paham ini.

Namun, kita bisa memulai dari diri sendiri dengan menghargai pendapat orang-orang di sekitar kita, menghormati umat yang sedang beribadah, dan mencoba untuk mengerti tentang karakter maupun prilaku orang-orang di sekitar kita.

Hal ini tentu akan mengurangi konflik yang di picu oleh perbedaan – perbedaan spele. MULTIKULTURALISME sangat relevan untuk keadaan indonesia saat ini, karena semakin majunya zaman, akan semakin besar kita untuk tinggal di dunia yang semakin heterogen.

Seperti yang kita tahu, semakin berbeda semakin rawan terhadap konflik. Dengan bisa bertoleransi, kita bisa semakin efektif bekerja dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya perdamaian akan terjaga di indonesia. Dan satu langkah kecil dimulai dari diri anda sendiri. (*)

 

To Top