Connect with us

1 Tahun Menjabat Sebagai Gubernur Jambi, Fachrori Berhasil Raih 18 Penghargaan

Advertorial

1 Tahun Menjabat Sebagai Gubernur Jambi, Fachrori Berhasil Raih 18 Penghargaan

1 Tahun Menjabat Sebagai Gubernur Jambi, Fachrori Berhasil Raih 18 Penghargaan

Peristiwajambi.com, JAMBI – Baru 1 Tahun dilantik menjadi Gubernur Jambi pada tanggal 13 Februari 2018 yang lalu, Fachrori Umar berhasil meraih 18 penghargaan, Jumat (13/3/2020).

Adapun penghargaan yang diraih Fachrori Umar sebagai berikut:

1. Tanggal 9 Agustus 2018, Fachrori raih penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2018.

(Penghargaan Pembina K3 diberikan kepada gubernur yang telah berhasil melaksanakan program pembinaan K3 sehingga perusahaan-perusahaan di wilayahnya memperoleh Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) atau Kecelakaan Nihil sebanyak 0,05 % dari jumlah perusahaan yang ada di wilayahnya Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Hery Sudarmanto).

2. Tanggal 14 Agustus 2018, Penghargaan Pramuka Satyawira Utama.

(Penghargaan diberikan kepada kepala daerah yang  berjasa dalam mendukung sekaligus membangun Gerakan Pramuka di daerahnya
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yang diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia selaku Kamabinas, Ir.H.Joko Widodo (Jokowi).

3. Tanggal 10 Oktober 2018, Penghargan 9 Warisan Budaya Tak Benda.

(Penghargaan terhadap warisan budaya tak benda di tiap daerah. Kesembilan warisan budaya tak benda Provinsi Jambi tersebut adalah : 1.Kenduri Sko dari Kota Sungai Penuh, 2.Tari Rangguk Kumun dari Sungai Penuh, 3.Tari Iyo-iyo dari Sungai Penuh, 4.Lapaik Koto Dian Rawang dari Sungai Penuh, 5.Ntok Awo dari Sungai Penuh, 6.Tauh Lempur dari Kabupaten Kerinci, 7.Ngangoah Imo Pulau Tengah dari Kabupaten Kerinci, 8.Ompek Gonjie Limo Gonop (sastra lisan) dari Kabupaten Merangin, dan 9.Perkampungan Rumah Tuo Rantau Panjang dari Merangin
Dirjen Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Najamudin Ramli.)

4. Tanggal 28 Oktober 2018, Penghargaan Adibahasa Tahun 2018.

(Penghargaan Adibahasa diberikan kepada provinsi yang sangat peduli dalam penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, terutama di ruang publik, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI), Prof.Muhadjir Effendi.)

5. Tanggal 10 Desember 2018, Kepala Daerah Peduli terhadap Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan.

(Penghargaan diberikan kepada kepala daerah yang sangat mendukung pembangunan perkebunan berkelanjutan
Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Ir.Bambang,MM).

6. Tanggal 11 Desember 2018, Penghargaan Kumham.

(Penghargaan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi atas upayanya mendorong dan membina Kabupaten/Kota untuk terus peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dan Pelayanan Publik berbasis HAM.
Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM, diserahkan oleh Wakil Presiden RI, H.Jusuf Kalla).

7. Tanggal 19 Desember 2018, Anugerah Parahita Ekapraya (Kategori Madya).

(Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai telah berupaya melaksanakan kebijakan secara konsisten tentang pengarustamaan gender (PUG) di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Susana Yembise, disaksikan oleh Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla).

8. Tanggal 14 Maret 2019, Penghargaan Perpustakaan.

(Penghargaan kepada pemimpin daerah yang memberikan perhatian dan berkomitmen dalam pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial di wilayahnya
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo).

9. Tanggal 22 April 2019, Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2019.

(Penghargaan Pembina K3 diberikan kepada gubernur yang telah berhasil melaksanakan program pembinaan K3 sehingga perusahaan-perusahaan di wilayahnya memperoleh Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) atau Kecelakaan Nihil sebanyak 0,05 % dari jumlah perusahaan yang ada di wilayahnya
Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri).

10. Tanggal 15 September 2019, Penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama Tahun 2019.

(Penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama merupakan Penghargaan tertinggi dari Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian Perhungan Republik Indonesia kepada daerah yang mampu menata transportasi publik dengan baik, Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi.)

11. Tanggal 8 Oktober 2019, Penghargaan Lembar Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia.

12. Tanggal 10 Oktober 2019, Piagam Opini WTP.

(Penyajian Laporan pelaksanaan APBD dengan baik
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi Supandi).

13. Tanggal 12 November 2019, Penghargaan Subroto 2019.

(Terbaik III Bidang Kepatuhan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) Mineral dan Batubara (Daerah Pengelola Dana Bagi Hasil Terbaik)
Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM RI, Ir.Bambang Gatot Ariyono,MM.)

14. Tanggal 19 November 2019, Penghargaan Swasti Saba
Pembina Terbaik Tingkat Provinsi dalam pembinaan kabupaten dan kota sehat tahun 2019. Menteri Kesehatan, Dr.dr.Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K)

15. Tanggal 28 November 2019, Penghargaan Persekutuan Pengakap Negeri Sabah Malaysia.

(Keberhasilan dalam pembinaan Pramuka di Provinsi Jambi sehingga banyak prestasi yang diraih
Ketua Persekutuan Pengakap Negeri Sabah Malaysia Datuk Dr.Awang Zaini).

16. Tanggal 29 November 2019, Penghargaan Paramakarya Tahun 2019.

(Penghargaan Paramakarya merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada kepala daerah yang dinilai telah memberikan dukungan dan pembinaan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah serta perusahaan yang berhasil meningkatkan produktivitasnya
Dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Prof.Dr.(HC) K.H.Maruf Amin, di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta).

17. Tanggal 10 Desember 2019, Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

(Pemerintah Provinsi Jambi dinilai berhasil membina Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jambi, untuk menjalankan pemerintahan berlandaskan penghormatan terhadap HAM setiap individu. Tak hanya itu, kriteria penilaian lain yakni dengan terpenuhinya 6 (enam) kategori, yaitu 1.Hak atas kesehatan, 2.Hak atas pendidikan, 3.Hak atas perempuan dan anak, 4.Hak atas kependudukan, 5.Hak atas perumahan yang layak, serta 6.Hak atas lingkungan yang berkelanjutan dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, yang diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia, Mahfud MD).

18. Tanggal 10 Februari 2020, Predikat B dalam Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan program dan anggaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo.

(Rma)

Berita terkait

To Top