Peristiwa

Ria Mayang Sari: Empat Pilar Azimat Indonesia Menjaga Keutuhan Bangsa

 

Ria Mayang Sari: Empat Pilar Azimat Indonesia Menjaga Keutuhan Bangsa

Peristiwajambi.com, BUNGO – Anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Ria Mayang Sari laksanakan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo.

Ria Mayang Sari menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berpegang teguh pada empat pilar dalam segala aktifitas kemasyarakatan sebagai menjaga keakraban kehidupan bermasyarakat.

“Empat pilar ini merupakan penopang utama bangunan kebangsaan kita. Ini lah pedoman kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara, semacam azimat kita bersama,” kata Mayang saat memberikan sambutannya di Limbur Lubuk Mengkuang, Rabu (5/2/2020).

Lanjut Mayang, saat ini kita dihadapkan dengan kemunculun Kerajaan-kerajaan dibeberapa daerah yang jelas mengancam keutuhan NKRI.

“Belakangan ini banyak bermunculan Kerajaan-kerajaan baru di beberapa daerah, jelas itu semua akan mengancam NKRI dan dapat memperpecah belah persatuan.” Ujarnya.

Karena itu, perlu ‘resep’ ampuh agar Indonesia tetap terpelihara. Di antara upaya pengukuhan itu lewat pengamalan nilai-nilai empat pilar MPR.

“Kita tidak boleh terkungkung oleh cara pandangan politik yang sangat sempit. Empat pilar MPR ini sudah menjadi obat mujarab sebagai perekat sosial asalkan nilainya bisa membatin dalam hati kita,” ujar jebolan Universitas Jambi.

Mayang melanjutkan, keempat pilar tersebut semestinya ditemukan dalam pergaulan sosial maupun kebijakan-kebijakan pemerintah. Dalam segi ekonomi, Mayang mencontohkan, semua masyarakat harus memiliki akses yang sama pada sumber ekonomi.

“Prinsipnya, harus ada keadilan dalam ekonomi. Dalam hal yang lebih praktis, nilai empat pilar itu mesti masuk ke semua lini termasuk ekonomi. Begitu pula dalam segi-segi yang lain,” ucapnya.

Sosialisasi ini merupakan kegiatan kedua sejak Ria Mayang Sari terpilih menjadi wakil rakyat di Senayan. Empat pilar tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi empat pilar ini merupakan tugas setiap Anggota MPR RI untuk menyuburkan kembali nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat.

Terpopuler

To Top