Connect with us

Kunker ke Kerinci, Ria Mayang Sari Apresiasi KLHK, Gubernur Jambi dan Bupati Kerinci

Peristiwa

Kunker ke Kerinci, Ria Mayang Sari Apresiasi KLHK, Gubernur Jambi dan Bupati Kerinci

 

Kunker ke Kerinci, Ria Mayang Sari Apresiasi KLHK, Gubernur Jambi dan Bupati Kerinci

Peristiwajambi.com, KERINCI – Anggota DPD RI yang duduk di Komisi II, Ria Mayang Sari melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kerinci, Jumat (17/1/2020).

Wanita yang akrab disapa Mayang ini mengatakan, Agenda kunjungan kerja anggota DPD tidak lain merupakan bentuk komitmen anggota DPD untuk melihat kondisi atau perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat secara langsung.

“Melalui kunjungan kerja ini, kami berharap diperoleh data, keterangan dan berbagai informasi yang up to date mengenai kebutuhan dan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat di daerah kunjungan kerja. Insya allah hasil kunjungan kerja tersebut akan menjadi bahan penting dalam setiap pembahasan rapat kerja bersama mitra kerja DPD.” Ucap Mayang.

Mayang menyampaikan, Pada kesempatan kali ini, Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Kerinci patut berbangga, karena masyarakatnya dapat membentuk kelompok perhutanan sosial sesuai dengan yang diharapkan. Tentu, hal ini tidak terlepas dari kerja keras bimbingan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, khususnya Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Sumatera dan semua pihak.

“Pemberian akses hak kelola kepada masyarakat melalui program Perhutanan Sosial seluas 12,7 juta hektar, memungkinkan masyarakat untuk mengolah kawasan hutan negara secara legal, tanpa merusak hutan dengan mengembangkan ekowisata dan agroforestry. Di sisi lain, pemberian hak akses merupakan strategi mengurangi konflik, ketimpangan lahan, mengurangi pengangguran, dan kemiskinan masyarakat setempat di sekitar hutan. Realisasi Perhutanan sosial di Indonesia saat ini telah mencapai areal seluas 1,4 juta hektar, ditargetkan sampai tahun 2019 akan terealisasi 4,5 juta hektar. Alhamdulillah Kerinci telah mendapatkan lebih kurang 49 Surat Keputusan Izin Perhutanan Sosial dengan luas lebih kurang 6400 hektar.” Terang Mayang.

Upaya yang telah dilakukan KLHK tersebut merupakan platform penting pembangunan berkelanjutan dan rangkaian upaya pengentasan kemiskinan. Perhutanan sosial merupakan program yang sangat berpihak kepada masyarakat, sudah selayaknya program perhutanan sosial disambut dengan baik, diawasi dan terus didampingi dalam pengembangannya.

Sebagai salah satu bentuk dukungan untuk terus meningkatkan kinerja kelompok perhutanan sosial Kabupaten Kerinci, maka pada hari ini Pemerintah RI, melalui Balai Perhutanan Sosial Dan Kemitraan Lingkungan Sumatera-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memfasilitasi program pasca terbitnya izin yaitu dengan memberikan bantuan berupa alat ekonomi produktif untuk kelompok perhutanan sosial sesuai dengan potensi sumber daya alam yang ada di kelompok masing-masing. Serta bantuan Bang Pesona dan Rumah Produksi.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita semua berharap dengan diberikannya bantuan berupa alat ekonomi produktif serta rumah produksi kepada kelompok perhutanan sosial, maka ke depannya masyarakat lebih produktif, kreatif dan inovatif. Seluruh bantuan harus difungsikan untuk memaksimalkan proses produksi sehingga memiliki nilai tambah dari sumber daya alam yang dimiliki.” Ujar Mayang.

“Tak lupa pula kita memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KLHK yang telah menciptakan program perhutanan sosial serta dukungan yang besar dari Gubernur Jambi serta Bupati Kerinci untuk mensukseskan program tersebut. Program perhutanan sosial merupakan platform penting pembangunan berkelanjutan dan rangkaian upaya pengentasan kemiskinan yang sangat berpihak kepada masyarakat. Untuk itu, sudah selayaknya disambut dengan baik, diawasi dan terus didampingi dalam pengembangannya. Selain itu, ke depan kami berharap kepada Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan penguatan kelembagaan pengelola izin Perhutanan sosial dari sisi pendanaan maupun bantuan sarana dan prasarana melalui mekanisme dana desa. Terlebih lagi program tersebut sejalan dengan visi Jambi Tuntas 2021 yang ingin diwujudkan oleh Bapak Gubernur Jambi. Kami menyadari tugas membangun Jambi Tuntas tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun, hasil dari kerja keras tersebut telah nyata dirasakan masyarakat. Oleh karena itu, kami akan selalu memberikan dukungan kepada Bapak Gubernur Jambi untuk terus berjuang mewujudkan kesejahteraan di Provinsi Jambi.” Sambung Mayang.

(Rma)

Berita terkait

To Top