Connect with us

Fachrori Beri Bantuan Peremajaan Sawit Guna Sejahterakan Petani

Advertorial

Fachrori Beri Bantuan Peremajaan Sawit Guna Sejahterakan Petani

 

Fachrori Beri Bantuan Peremajaan Sawit Guna Sejahterakan Petani

Peristiwajambi.com, TEBO – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar M.Hum memberikanbantuan replanting (peremajaan) sawit kepada para kelompok tani di Provinsi Jambi dalam Hari Perkebunan ke-62 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019 di Desa Sungai Jernih (Trans SPA) Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Kamis (19/12/19).

Pemberian bantuan itu tentunya ditujukan dan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Jambi bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi melakukan tanam perdana peremajaan kelapa sawit serta benih jagung.

Peringatan Hari Perkebunan ke-62  mengusung semangat peremajaan kelapa sawit dan mengembalikan kejayaan rempah, serta penyediaan benih unggul melalui BUN 500 wujudkan korporasi perkebunan rakyat untuk kesejahteraan pekebun.

Fachrori menyampaikan, dalam beberapa tahun kebelakang secara konsisten telah mengembangkan atau meremajakan karet dan kelapa sawit. “Dalam beberapa tahun ini secara konsisten kita upayakan pereamajaan untuk perkebunan,” ungkap Fachrori.

Fachrori mengemukakan, momentum Hari Perkebunan jadi wahana berkiprahnya insan perkebunan untuk meningkatkan pengabdian dan peran pembangunan perkebunan berkelanjutan. “Kita harapkan masyarakat kita maju dan berkembang dibidang perkebunan,” harap Fachrori.

Gubernur Jambi secara simbolis menyerahkan bantuan, berupa:
1.Replanting Sawit 40 hektare kepada Kelompok Tani Sinar Harapan Bungo
2.Intensifikasi Karet 500 hektare kepada Kelompok Tani Talang Rajo Bungo
3.Bangunan Gedung UPPB dan Sarana Pengolahan kepada Kelompok Tani Rio Tarai Bungo
4.Bangunan Gedung UPPB dan Sarana Pengolahan kepada Kelompok Tani Beringin Sakti Bungo
5.Intensifikasi Karet 400 hektare kepada Kelompok Tani Karya Bakti Tebo
6.Peremajaan Karet 200 hektare kepada Kelompok Tani Sungai Jambak Tebo
7.Alat Paska Panen Karet kepada Kelompok Tani Taman Indah Tebo
8.Bangunan Gedung UPPB kepada Kelompok Tani Sumber Urip Tebo
9.Bangunan Gedung UPPB dan Sarana Pengolahan kepada Kelompok Tani Mekar Jaya Tebo
10.Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat seluas 5.337,676 hektare senilai Rp.133.441.900.000 Kelompok Tani Bersama Tebo
11.Perluasan Kopi Arabika 500 hektare Kelompok Tani Bina Remaja Kerinci
12.BPT dan PIT serta Penangkar Bibit Kayu Manis Kelompok Tani Embun Pagi Kerinci
13.Desa Organik berbasis tanaman perkebunan komodoti Kopi Liberika Komposit Kelompok Tani Mekar Tani Tanjung Jabung Barat.

Potensi pertanian, perkebunan dan perikanan berkontribusi pada PDRB 27,57 persen menyerap tenaga kerja 658.366 KK pada komoditi perkebunan dengan luasan 1.936.134 hektare. “Sub sektor perkebunan perlu kebijakan yang tepat untuk hilirisasi produk perkebunan di Provinsi Jambi,” ungkap Fachrori.

Wakil Bupati Tebo Syahlan,SH, berharap penanaman perdana peremajaan sawit termasuk penanaman jagung dapat dipanen  kembali oleh Gubernur Jambi, dan meminta masyarakat kelompok tani untuk memelihara sawit dan jagung tersebut.

Syahlan juga berharap penanaman jagung yang dilakukan hendaknya dapat dilakukan di kecamatan lain guna memberi motivasi kepada masyarakat. “Semoga bisa pada kecamatan lain lagi,” ujar Syahlan.

Dalam laporan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Ir.H.Agusrizal,MM, mengungkapkan misi yang baru Kementerian Pertanian untuk lima tahun kedepan, yakni meningkatkan ekspor  perkebunan tiga kali lipat. “Langkah yang perlu diperhatikan petani dan kita sinergi pihak perbankan, pengusaha pupuk, Gapki dan Apkasindo, serta mendorong kelompok tani, koperasi dan kemitraan yang sejajar dalam penguatan perkebunan,” ungkap Kadis Perkebunan.

(Rma/Hms)

Berita terkait

To Top