Advertorial

Resmikan RTH Taman Anggrek, Fachrori : Bersama Dinas PU, Pemprov Telah Menata Taman Anggrek Lebih Baik

 

Resmikan RTH Taman Anggrek, Fachrori : Bersama Dinas PU, Pemprov Telah Menata Taman Anggrek Lebih Baik

Peristiwajambi.com, JAMBI – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum Resmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Anggrek Sri Soedewi, Selasa (3/12/2019) pagi.

Dalam sambutannya, Fachrori mengatakan Taman Anggrek Sri soedewi merupakan taman yang sudah cukup lama dibangun dan telah sangat dikenal oleh masyarakat. Taman ini dibangun atas usulan Profesor Doktor Sri soedewi masjchoen Sofwan dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1984.

“Luas areal kurang lebih 25000 M2, Taman Anggrek ini tidak hanya menjadi sebuah tempat pembudidayaan Anggrek saja. karena sejak dibuka untuk umum dan diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto Soeharto pada tahun 1984 Taman Anggrek Sri soedewi ini juga telah menjadi taman bermain dan pusat pembelajaran tentang bercocok tanam” Ujar Fachrori.

Fachrori menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi telah menata dan membangun serta menambah koleksi taman Anggrek guna memperindah estetikanya.

“Taman Anggrek Sri soedewi ini perlu direvitalisasi selain memperbaiki dan menambah fasilitasnya perlu juga dilakukan penataan untuk memperindah estetikanya, dalam hal ini Pemerintah provinsi Jambi melalui dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang berkolaborasi dengan Kementerian PUPR telah melakukan penataan taman anggrek Sri Soedewi dengan membangun jembatan pedestrian dan lahan parkir dan juga menambah koleksi jenis anggrek sekaligus menjadi salah satu ikon wisata di Kota Jambi terlebih lagi lokasi taman anggrek ini berada di kawasan perkantoran pemerintah Provinsi Jambi dan berdekatan dengan danau Sipin.” Ungkap Fachrori.

Selain itu, Lanjut Fachrori, Dalam rangkaian peringatan Hari Bakti PU yang ke 74 melalui dinas pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat pemerintah Provinsi Jambi mendukung terlaksananya program kolaborasi dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan pemukiman sebagai upaya untuk mengasah empati stakeholder dan pihak yang terlibat melalui program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Taman Anggrek Sri soedewi Sri soedewi ini merupakan bagian dari usaha kita dalam meningkatkan kualitas lingkungan.” Tutup Fachrori.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, M Fauzi dalam laporannya menyampaikan bahwa RTH ini di bangun tahun 2018, dengan menggunakan dua anggaran dana APBD dan Balai Cipta Karya.

“Tujuan dalam pembangunan ini untuk memenuhi UU no 26 tentang Penyediaan pemanftaat RTH, memanfaatkan ruang yang belum di manfaatkan” Kata M. Fauzi.

Lanjut Fauzi, RTH ini tidak dipungut retribusi bagi masyarakat yang ingin berkunjung. “Ruang RTH ini tidak di pungut retribusi agar dimanfaatkan siapa saja yang ingin berkunjung” Tutup Fauzi.

(Rma)

Terpopuler

To Top