Connect with us

Gelar Forum Komunikasi, Ari Dwi Ariyani : Cakupan Peserta BPJS Jambi Masih Dibawah Rata-rata Nasional

Peristiwa

Gelar Forum Komunikasi, Ari Dwi Ariyani : Cakupan Peserta BPJS Jambi Masih Dibawah Rata-rata Nasional

 

Gelar Forum Komunikasi, Ari Dwi Ariyani : Cakupan Peserta BPJS Jambi Masih Dibawah Rata-rata Nasional

Peristiwajambi.com, JAMBI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar acara Forum Komunikasi Antar Pemangku kepetingan Utama se Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, bertempat di Aston Hotel Jambi, Senin, (2/12/2019).

Dalam penyampaiannya, Direksi BPJS Wilayah Sumbagteng dan Jambi, Ari Dwi Ariyani menyebutkan pada bulan November 2019 Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) secara nasional adalah 83 persen dari jumlah penduduk Nasional, dan cakupan se-Provinsi Jambi 76,50 persen dari Penduduk se Provinsi Jambi atau masih ada sebanyak 820.905 penduduk belum menjadi peserta JKN-KIS.

“Sampai dengan saat ini, Peserta JKN untuk Jambi baru 76,5 memang masih di bawah rata rata nasional sebesar 83,8. Artinya masih ada sebanyak 820.905 penduduk Jambi belum menjadi peserta JKN,” katanya.

Hal itu menjadi tugas bersama, dimana program jaminan kesehatan nasional merupakan program strategis negara. Program yang dituangkan dalam pasal 28 undang-undang dasar negara Republik Indonesia bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan jaminan sosial untuk membuat dirinya menjadi lebih bermartabat.

“Artinya semua warga negara berhak, karena dengan begitu setiap warga negara Indonesia dapat melindungi dirinya dari jatuh miskin karena sakit dan sebagainya,” jelasnya.

Melalui forum tersebut, akan dibahas terkait isu isu tentang BPJS seperti kenaikan iuran dan permasalahan layanan lainnya.

Dirinya mengatakan, tujuan diselenggarakan acara ini adalah yakni pertama menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman atas ketentuan-ketentuan yang berlaku terkait kepesertaan dan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN di BPJS Kesehatan.

Kedua, menampung dan mencari pemecahan masalah dalam penyelenggaran program JKN. Ketiga, menyampaikan saran dan masukan ke BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program
JKN.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi menghimbau kepada seluruh masyarakat segera membayarkan tunggakan sebelum iuran naik. “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat jika ada yang masih menunggak pembayaran segera dibayarkan sebelum iurannya naik” Pungkas Rizky.

Dalam kesempatan ini juga, BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada Kabupaten Batanghari yang telah sudah mendaftarkan seluruh penduduknya ke Jaminan Kesehatan.

(Rma)

Berita terkait

To Top