Connect with us

Gubernur Fachrori Kembali Terima Penghargaan WTP ke 7 Kalinya

Advertorial

Gubernur Fachrori Kembali Terima Penghargaan WTP ke 7 Kalinya

 

Gubernur Fachrori Kembali Terima Penghargaan WTP ke 7 Kalinya

Peristiwajambi.com, JAMBI – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum kembali mendapat penghargaan Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Kamis (10/10/2019).

Pemarintah Provinsi Jambi sampai dengan tahun anggaran 2018 telah menerima 7 kali berturut turut capaian Opini WTP dari BPK RI Perwakilan jambi yaitu dari tahun 2012 -2018.

Dalam sambutannya, Gubernur Fachrori mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah melakukan pemeriksaan pada laporan keuangan pemerintah daerah provinsi Jambi tahun 2018.

“Dinyatakan kembali memperoleh capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dan yang menjadi kebanggaan bagi kita adalah seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi saat ini telah memperoleh capaian opini WTP untuk LKPD tahun 2018” Ungkap Fachrori.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Jambi mengapresiasi pencapaian sejumlah Pemerintah Daerah yang mendapat opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan atas laporan keuangan yang disajikan namun hendaknya capaian ini tidak dipandang sebagai prestasi administratif yang normatif semata tetapi harus dimaknai sebagai sebuah penghargaan terhadap komitmen integritas, profesionalitas, dan transparansi tata kelola pemerintahan.”Tambahnya.

Fachrori berharap capaian opini WTP yang di dapat ini harus dipertahankan dan semakin ditingkatkan dan mematuhi perundang-undangan yang berlaku.

“Tantangan besar untuk terus mempertahankannya dengan kualitas yang semakin meningkat Karena untuk memperoleh opini WTP tidak semata-mata ditentukan oleh penyajian laporan keuangan yang berkualitas dan cukupan dalam pengungkapan, tetapi juga harus ditopang oleh efektivitas, sistem pengendalian intern yang memadai serta kepatuhan terhadap perundang-undangan.” Harap Fachrori.

Fachrori juga mengajak untuk terus meningkatkan dan membangun pemerintahan yang bersih serta mewujudkan layanan prima guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk mempertahankan capaian WTP kedepannya saya mengajak seluruh perangkat daerah agar terus melakukan pembenahan terhadap segala kekurangan yang sejalan dengan upaya kita membangun pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta mewujudkan pelayanan publik yang prima yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat” Ajak Fachrori.

Lanjut Fachrori, laporan keuangan merupakan salah satu indikator dari pengelolaan keuangan negara yang sehat, oleh karena itu upaya-upaya untuk mencapai dan mempertahankan opini terbaik tersebut menjadi modal dasar dalam rangka mewujudkan Indonesia kuat yaitu Mandiri dan berdaya saing.

“Pada laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan terhadap LKPD tahun 2018 masih terdapat beberapa catatan dalam temuan pemeriksaan, seperti halnya pengelolaan, penganggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban belanja yang tidak sesuai ketentuan. Permasalahan pencatatan aset tetap yang belum tertib serta realisasi belanja yang tidak sesuai dan beberapa catatan dalam temuan pemeriksaan dimaksud kepada kepala perangkat daerah untuk mengambil langkah-langkah penyelesaian secara konkrit dengan melakukan tata kelola pemerintahan yang baik agar temuan tersebut ditahun mendatang dapat diminimalisir atau bahkan dapat dihilangkan sama sekali.” Lanjut Fachrori.

Selain itu Fachrori juga menekankan agar pengelolaan dana mempunyai komitmen yang jelas dan pertanggungjawaban.” Saya menekankan kepada Kepala OPD Teknis pengelolaan dana agar mempunyai komitmen yang jelas baik dari sisi proses usulan perencanaan penganggaran pelaksanaan pelaporan dan pertanggungjawaban sehingga program kegiatan yang bersumber dari dana transfer dapat terserap secara maksimal Sesuai yang diharapkan.” Pungkas Fachrori.

(Rma)

Berita terkait

To Top